Friday, July 13, 2012

Google Ajarkan Komputer Meniru Otak Manusia


INOVASIBLOGG-.San Francisco (AFP/ANTARA) - Google pada Selasa mengatakan pihaknya sedang nerusaha agar komputer bisa mensimulasikan proses pembelajaran pada otak manusia, sebagai salah satu proyek yang tidak biasa bagi para peneliti di Lab X.

Komputer yang diprogram dengan algoritma dimaksudkan untuk meniru hubungan saraf "belajar" mengenali kucing setelah menunjukkan contoh dari video YouTube, kata Jeff Dean dari Google dan seorang profesor dari Stanford University, Andrew Ng, dalam sebuah posting blog.(KLIK HERE)

"Hipotesis kami yakni belajar mengenali obyek umum pada video tersebut," kata para peneliti.

"Memang, yang menghibur kami, salah satu neuron buatan kami mempelajari respon yang kuat terhadap foto-foto ... kucing," lanjut mereka.

"Ingatlah bahwa jaringan itu tidak pernah diberitahu apa itu kucing, juga tidak diberikan satu gambar pun yang digambarkan sebagai kucing."

Komputer, pada dasarnya, menemukan sendiri seperti apa kucing itu, menurut Dean dan Ng.

Perhitungan tersebut tersebar di sebuah "jaringan syaraf tiruan" dari 16.000 prosesor dan satu miliar koneksi di pusat data Google.

"Otak bayi" berskala kecil tersebut ditampilkan gambar dari YouTube selama sepekan untuk melihat apa yang akan dipelajari.

"Ternyata ia 'menemukan' seperti apa itu kucing dari YouTube meskipun tidak bernama," kata para peneliti.

"Itulah yang kami maksud dengan belajar otodidak."

Peneliti Google sedang membangun sebuah model yang lebih besar dan bekerja untuk menerapkan pendekatan jaringan syaraf tiruan demi meningkatkan teknologi pengenalan suara dan pemodelan bahasa alami, menurut Dean dan Ng.

"Suatu hari nanti kami bisa membuat alat yang dapat Anda gunakan setiap hari sehingga dapat bekerja lebih baik, lebih cepat, dan pintar," kata mereka.

Dean dan Ng mengakui jalan penemuan tersebut masih panjang, karena sebuah otak manusia dewasa memiliki sekitar 100 triliun koneksi.

Google X Lab dipimpin oleh pendirinya, Sergey Brin, yang dikenal dengan penemuan alat inovatif seperti mobil yang bisa berkendara sendiri dan kacamata bergaya film "Terminator" yang memberikan informasi Internet tentang apa yang sedang dilihat(KLIK HERE). (ia/ml)

No comments:

Post a Comment